nourhikmah

NAMA : NOURHIKMAH,S.Sos.I, ALUMNI: SAGUSABU BATAM LITERASI TAHAP V PEKERJAAN: STAF TATA USAHA SPNF SKB BALANGAN DAN PENGELOLA TBM SINAR HARA...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tantangan Gurusiana (365) hari ke 111Mewarnai Ikan

Tantangan Gurusiana (365) hari ke 111Mewarnai Ikan

Mewarna bagi anak PAUD mempunyai manfaat yang luar biasa bagi tumbuh kembang anak berikut manfaat mewarnai bagi anak - anak.

1. Sebagai media Berekspresi

Seperti halnya orang dewasa, aktifitas menggambar dan mewarnai bidang kosong merupakan cara bagi si kecil untuk mengungkapkan perasaan dirinya, seperti perasaan gembira, sedih, dan sebagainya.

2.Membantu mengenal perbedaan warna

Kegiatan mewarnai,dengan menggunakan spidol, krayon, pensil warna atau pastel sejak dini dapat membantu anak mengenal warna sehingga mereka dapat membedakan antara warna yang satu dengan warna lainnya.

3.Warna merupakan media terapi

Kegiatan mewarnai bisa jadi media terapi bagi orang tua untuk membaca mengetahui sifat dasar anak,sebagai contoh, jika si kecil mewarnai dengan cara menorehkan garis - garis teratur pada gambar menunjukkkan bahwa si kecil memiliki kecendrungan gaya hidup teratur.Mewarnai juga menjadi alat terapi untuk meringankan stres pada si kecil setelah lelah seharian beraktifitas.

4.Stimulus Otak kanan

Kegiatan menggambar mampu mengstimulus otak kiri dan kanan secara seimbang.Bila otak kiri membuat anak lebih realistis,practical,dan analytical, sedangkan otak kanan membuat anak lebih punya empati dan intuisi.

5.Melatih menggenggam pensil

Memegang krayon atau pensil warna adalah benda pertama yang digenggamnya sebelum mereka menggenggam pensil.Saat mewarnai dengan krayon itulah pertama kali si kecil belajar menggenggam dan mengontrol pensil di tangannya.Kemampuan tersebut yang nantinya akan membantunya dalam menulis saat si kecil menempuh pendidikan di sekolah.

6.Melatih kemampuan koordinasi

Kegiatan mewarnai memerlukan koordinasi yang bagus antara mata dan tangan, mulai dari bagaimana cara yang tepat menggenggam krayon, hingga memilih warna dan menajamkan krayon,Kemampuan dasar si kecil hingga mereka besar nanti.

7.Mengembangkan kemampuan motorik

Kegiatan mewarnai daapt membantu meningkatkan kinerja otot tangan sekaligus mengembangkan kemampuan motorik anak.

8.Meningkatkan Konsentrasi

Kegiatan mewarnai dapat melatih kontentasi si kecil untuk tetap fokus pada pekerjaan yang dilakukannya meskipun banyak aktifitas lain yang terjadi di sekelilingnya.

9.Melatih mengenal garis batas bidang

Mengenal batas bidang gambar merupakan manfaat lain dari aktifitas mewarnai sejak kecil akan melatihnya lebih peka terhadap batasan garis sejak dini.

10.Mewarnai melatih membuat target

Proses mewarnai membutuhkan satu target yaitu berhasil mewarnai seluruh bidang gambar yang tersedia.Dengan melakukan aktifitas mewarnai sejak dini si kecil akan belajar untuk menyelesaikan tugas yang dihadapinya alias bertanggung jawab pada pekerjaan.

11.Cepat membaca

Kemampuan menggambar bisa menjadi indikator terhadap berkembangnya kemampuan anak dalam membaca.Jadi bila anak diajarkan menggambar sejak dini, maka ia akan mudah untuk belajar membaca.

12.Melatih Kreativitas anak

Dengan menggambar, anak akan menggunakan daya imajinasinya untuk menciptaakn suatu bentuk yang ia inginkan.Mereka akan terus berpikir kreatif menciptakan berbagai macam gambar sesuai imajinasinya.Jika ini di lakukan terus - menerus, kreativitas anak aakn semakin terasah.

13.Melatih Kesabaran

Seorang anak akan berlatih sabar karena terlebih dahulu harus membuat gambar,mewarnainya dengan aturan tidak boleh keluar garis gambar yang sudah dibuat, kemudian memikirkan perpaduan warna yang elok, dan pada akhirnya harus menyelesaikan mewarnai hingga apik.

14.Melatih ketelitian dan sikap hati - hati

Anak mendapatkan kesempatan untuk belajar teliti hati - hati pada saat mewarnai sebuah gambar.

15.Melatih kepekaan mengamati lingkungan sekitar

Menggambar dan mewarnai juga melatih kemampuan anak untuk sebaik mungkin belajar mengamati apa yang ada di lingkungan sekitarnya.(Yanuar Jatmika / Berbagai sumber)

Semoga tulisan ini memberikan informasi bagi tumbuh kembang anak Usia Dini.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

mantul

03 Jun
Balas

Iya Sama - Sama bunda Salam kenal dan Salam literasi buat semua nya

03 Jun
Balas

Terimakasih tambahan ilmunya, Ibu

03 Jun
Balas

Waah. Banyak ternyata manfaatnya ya bunda

03 Jun
Balas



search

New Post